Thursday, May 17, 2007

suara anda serak ???



Kejadian Kanker laring di Inggris sekitar 1,2 % kanker . Tumor biasanya tumbuh di atas pita suara.





Gejala:

Pertumbuhan yang terjadi di atas pita suara, menyebabkan gerakan vibrasi pita suara tergangu, dengan demikian terjadilah suara serak. Bila seseorang menderita serak lebih dari 1 bulan, segeralah mengunjungi spesialis THT, untuk di eksplorasi lebih lanjut.






Bagaiman mendiagnosa suatu kanker laring?







Seorang ahli THT biasanya akan melakukan pemeriksaan menggunakanendoskopi untuk melihat pita suara.

Bila seorang spesialis THT curiga akan keganasan laring, akan di lakukan biopsi, yaitu mengambil sedikit jaringan menggunakan endoskopi. Biopsi ini di kirim untuk dilakukan kajian .

10 comments:

meira said...

Dok, kakak saya dari gejala klinisnya terdiagnosa Dokter setempat menderita kanker laring. Mohon sarannya, langkah apa yang harus kami ambil berikut rekomendasi Rumahsakit/dokter yang berkompeten untuk penanganan masalah tersebut.. Atau kami langsung menemui anda saja Dok? Dimana? Domisili kami di Surabaya tapi kami sanggup ke Jkt atau tempat lain yang Dokter sarankan. Thanks Dok.... ASAP...

dr. Nury Nusdwinuringtyas, SpRM, M.Epid said...

Meira,
di Surabaya justru ada pakarnya.
Silahkan datang ke bagian THT RS dr Sutomo. Kalau di Jakarta, RS Cipto, Rs Dharmais, atau yang baru saja di buka bekerja sama dengan Cina, RS Gading Pluit.

Anonymous said...

Dok, kebetulan hari sabtu lalu mami saya baru cek benjolan pada salah satu dokter onkologi.
Benjolannya baru ditemukan; letaknya di bawah leher, di tengah pertemuan tulang bahu.
Karena hasil rabaan kurang terasa, maka dianjurkan untuk rontgen leher. Hasilnya bagus.
Yang saya mau tanyakan, kira2 darimana benjolan itu muncul? Saya perhatikan, suaranya agak serak. Pemeriksaan apa yang harus kami lakukan? Mohon tanggapannya. Tq.

dr. Nury Nusdwinuringtyas, SpRM, M.Epid said...

Ai, onkologi nya dari THT , bukan ? THT dulu deh, ke RS Pluit, ada dr Tri Martani (kalau mau dokter perempuan)

dr. Nury Nusdwinuringtyas, SpRM, M.Epid said...

Ai, saya sudah bicara dengan suami saya , THT. Kemungkinan thyroid yang membesar. Serak terjadi karena tekanan pada pita suara. Jumpai suami saya dr Handikin di RS Pluit untuk diagnosik endoscopy

antar said...

salam kenal dok.
dok nama saya antar. saya ingin tanya gejala dari tumor laring selain suara serak apa saja?
suara saya sudah 6 minggu ini serak sempat membaik tapi serak lagi (tapi tidak hilang)menurut dr tht pita suara saya bengkak/radang. apakah kalau pita suara radang bisa menimbulkan suara serak yang lama?
untuk informasi tambahan saya tidak demam dan tenggorokan saya baru sakit 3 hari belakangan ini.
terima kasih atas saran nya dok.

dr. Nury Nusdwinuringtyas, SpRM, M.Epid said...

Mas (?) Antar, usia berapa?

nike said...

dok, saya sudah 4 hari ini serak bahkan suara saya hilang. sudah kedokter. tapi berhubung kemarin libur jadi hanya kedoker umum di RS AZRA bogor (saya tinggal di bogor). namun belum ada hasilnya.
awal mulanya saya merasa kurang tidur karena banyak pekerjaan, lalu saya coba tidur beberapa menit saja. tapi ketika bangun malah serak suara. dan keesokannya samapai 4 hari ini suara saya malah hilang. lucu nya kalau malam saya bisa bicara, ada lah sedikit suara dan lumayan jelas tapi kalau pagi ya tidak bisa bicara lagi. sudah saya amati 3 hari ya seperti itu. kenapa ya dok.
dokter umum tersebut hanya memberikan antibiotik dan obat batuk saja, katanya ternggorokan saya merah. batuk saya muncul justru setelah suara hilang. bukan batuk yang menyebabkan suara serak sampai hilang.
mohon tanggapannya, trims

Andre said...

Halo dok....
Ayah saya sakit serak sudah dua minggu lebih.
Sudah diendoskopi dan hasilnya selaput suara bengkak.
Karena curiga maka dokter akan melakukan biopsi tetapi sayangnya trombositnya terun terus sehingga dokter menunda untuk dilakukan biopsi...
Pertanyaannya apakah ini merupakan
suatu gejala dari kanker laring ??
Terimakasih dok atas jawabannya !!

FaiK Fauzi MuLaCheLLa said...

makasih infonya